HABATUS SAUDA SEBAGAI OBAT DIABETES

OLEH CARKO BUDIYANTO (ABUIDRIS CAKO WAE)


APA ITU DIABETES ?

Diabetes atau Diabetes Melitus (DM) adalah suatu gangguan metabolisme glukosa sehingga tubuh tidak mampu mengontrol kadar glukosa (gula) darah. Seorang disebut menderita diabetes jika kadar gula darah puasa ³ 126 mg/dl dan 2 jam pasca pembebanan 75 gram glukosa ³ 200 mg/dl atau kadar gula darah sewaktu ³ 200 mg/dl.

ADA BERAPA TIPE DM DAN APA BEDANYA ?

Diabetes ada 2 tipe :

  1. Tipe 1. Pada tipe ini, sel beta pankreas tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup. Insulin berfungsi untuk memasukkan gula ke dalam sel dan menjaga kadar gula darah tetap normal.
  2. Tipe 2. Pada tipe ini, sel beta pankreas mampu menghasilkan insulin dalam jumlah banyak, tetapi insulin tersebut tidak mampu merangsang pengambilan gula oleh sel/jaringan sehingga kadar gula dalam darah tetap tinggi.


APA GEJALA DM ?

–        Banyak kencing

–        Banyak minum

–        Banyak makan (mudah merasa lapar)

–        Lemas

–        Berat badan turun

–        Kesemutan

–        Penglihatan kabur

–        Luka sulit sembuh

–        Impoten

–        Keputihan (wanita)

BAGAIMANA MENGOBATINYA ?

  1. Mengatur pola makan seperti menghindari makanan dengan gula tinggi, makan secara teratur, berhenti merokok dan minum khamr/alkohol. Alangkah baiknya mengkonsultasikan ke dokter atau ahli gizi untuk mengatur menu harian agar sesuai dengan kebutuhan.
  2. Melakukan olahraga/ aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat meningkatkan fungsi insulin. Selain itu, setelah berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin sehingga dapat mengurangi stres. Saat ini sudah ada senam khusus untuk penderita DM. Alangkah baiknya mengkonsultasikan ke dokter untuk menentukan jenis olahraga yang cocok untuk anda. Biasanya, hanya dengan mengatur pola makan dan aktivitas fisik, kadar gula darah sudah dapat terkontrol dengan baik. Sebaiknya, perlu juga cek kadar gula darah secara rutin.
  3. Obat hipoglikemik oral. Obat ini dapat menurunkan kadar gula darah. Obat ini dipakai apabila setelah mengatur pola makan dan aktivitas fisik, tetapi kadar gula tetap tinggi.
  4. Suntik insulin. Biasanya ini dipakai bagi penderita DM tipe 1 atau apabila dengan terapi lain sudah tidak berefek.
  5. Mengkonsumsi herbal. Terbukti secara empiris dapat menurunkan kadar gula darah adalah kayu manis (cinnamon zeylanicum), sambiloto, mengkudu (morinda citrifolia), buah pare (momordica charantia), brotowali (tinospora crispa), dan jinten hitam atau habatus sauda (nigella sativa). Di Solo, Anda bisa mendapatkan herbal tersebut di BPTO Tawangmangu Karanganyar. BPTO adalah badan penelitian tanaman herbal di bawah naungan Departemen Kesehatan.

APA ITU HABATUS SAUDA ?

Habatus sauda adalah rempah-rempah berbentuk biji berwarna hitam. Nama lain habatus sauda : jinten hitam, nigella sativa.

APA MANFAAT HABATUS SAUDA ?

Rosululloh shalallohu alaihi wasalam bersabda : ”Dalam habatus sauda terdapat obat bagi setiap penyakit, kecuali as sam. As sam adalah kematian.” (HR Bukhori 5687 dan Muslim 2215)

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa fungsi utama habatus sauda adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bisa dipahami bahwa ketika sistem pertahanan tubuh kuat, maka semua penyakit akan tidak mudah menyerang tubuh kita. Atau bisa dikatakan ”tidak gampang sakit”.

BAGAIMANA HABATUS SAUDA MENGOBATI DIABETES ?

Habatus sauda mengandung asam amino esensial arginin. Arginin adalah nutrisi spesifik yang merangsang regenerasi sel-sel pankreas yang rusak. Sel-sel pankreas akan normal kembali sehingga dapat menghasilkan insulin dengan jumlah yang cukup dan kualitas yang baik. Selain itu, fungsi pankreas yang baik akan mendukung berkurangnya hemoglobin terglikasi (HbA1C).

Penelitian yang dilakukan oleh Meddah dkk dari Faculty of Medicine and Pharmacy, Université Mohammed V-Souissi, Rabat, Morocco menunjukan bahwa ekstrak Nigella sativa (0,1 pg / ml sampai 100 ng / ml) menghambat penyerapan glukosa di jejunum tikus. Selain itu, pemberian habatus sauda dapat meningkatkan toleransi glukosa yang sama efektifnya dengan obat metformin (Meddah dkk., 2009).

Penelitian yang dilakukan oleh Abdelmeguid dkk dari Faculty of Science, Alexandria University, Alexandria, Egypt menunjukkan bahwa ekstrak Nigella sativa dan thymoquinone mengobati diabetes pada tikus yang diinduksi streptozotocin dengan cara menurunkan stres oksidatif sehingga mempertahankan integritas-sel β pankreas. Dapat disimpulkan bahwa habatus sauda terbukti secara klinis bermanfaat dalam pengobatan penderita diabetes dan dalam perlindungan sel beta pankreas  terhadap stres oksidatif (Abdelmeguid dkk., 2010).

NASIHAT UNTUK KAUM MUSLIMIN

1.  Ingatlah bahwa sehat adalah nikmat dari Alloh yang diberikan kepada kita, maka syukurilah. Gunakanlah waktu sehat kita untuk beribadah dan beramal kebaikan. Jangan sampai kita menyesal di akhirat kelak.

2.  Apabila ditimpa sakit, maka bersabarlah.

Rosululloh bersabda : “Tidaklah suatu penyakit menimpa seorang mukmin, kecuali akan menggugurkan kejelekan-kejelekannya sebagaimana pohon menggugurkan daunnya.” (HR Bukhori 5647 dan Muslim 2571). Lihatlah betapa Alloh sayang kepada kita. Musibah akan menggugurkan dosa kita.

Rosululloh juga bersabda : “Sesungguhnya Alloh jika menguji salah seorang diantara hamba-hamba-Nya dengan dua kesenangannya lalu dia bersabar, maka Alloh akan menggantinya dengan surga.” (HR Bukhori 5653)

3.  Sesungguhnya yang membuat kita sehat dan sakit adalah Alloh. Maka bersandarlah dan bertawakallah kepada Alloh. Jangan bersandar kepada obat. Obat hanyalah salah satu sebab yang dengan sebab itu Alloh menyembuhkan kita.

SEMOGA BERMANFAAT

DAFTAR PUSTAKA

  1. Abdelmeguid, dkk. 2010. Effects of Nigella sativa and thymoquinone on biochemical and subcellular changes in pancreatic β-cells of streptozotocin-induced diabetic rats. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20923501 (Journal Pubmed diakses 16 Desember 2010)
  2. Anggie, dkk. 2010. Kapita Selekta OSCE Komprehensif. Surakarta : FKUNS Angkatan 2007.
  3. Anonim. 2010. Jintan Hitam. http://id.wikipedia.org/wiki/Jintam_hitam?wasRedirected=true (diakses 13 Desember 2010)
  4. Majdi Fathi As Sayyid. 2010. Fiqih Sunnah untuk Anak (Edisi terjemahan). Kartasura : Pustaka Ar Rayyan.
  5. Majalah Kesehatan OTC Digest. 2010. Diabetes Ancam Negara Berkembang. OTC Digest Edisi 51
  6. Meddah, dkk. 2009. Nigella sativa inhibits intestinal glucose absorption and improves glucose tolerance in rats. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19061948  (Journal Pubmed diakses 16 Desember 2010)
  7. Price dan Wilson. 2005. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Edisi 6. Jakarta : EGC.
  8. Sopia. 2009. Pengaruh Pemberian Minyak Jintan Hitam terhadap Motilitas Spermatozoa Tikus Wistar Hiperlipidemia. http://eprints.undip.ac.id/7846/1/siti_sopia.pdf  (diakses 16 Desember 2010)