Ditulis oleh Carko Budiyanto, Kategori Umum

16 Januari 2009.

Bagaimana Agar Sukses Ujian? 8 Tips Lulus Ujian

Ujian nasional SMA adalah ujian untuk menentukan seseorang lulus dan telah menyelesaikan pendidikannya di SMA. Ini adalah kegiatan yang besar bagi siswa kelas XII. Berbagai usaha dilakukan untuk menghadapinya. Tapi toh, ada saja tiap tahun yang gagal, yang tidak lulus. Lulus UN masih belum seberapa. Siswa masih dihadapkan dengan ujian masuk perguruan tinggi negeri (UMPTN) atau seleksi penerimaan mahasiswa baru, yang lebih sulit karena harus bersaing dengan seluruh calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

Perlu diketahui bahwa dari tahun ke tahun, soal ujian nasional maupun soal UMPTN memiliki tipe soal yang mirip dan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini, beberapa tips dan langkah yang bisa ditempuh dalam menghadapi ujian tersebut :

  1. Ikuti petunjuk guru. Guru mestinya lebih tahu dan berpengalaman mengenai soal-soal yang sering muncul. Kerjakan soal yang diberikan oleh guru Anda, jika tidak bisa jangan segan untuk bertanya. Dan patuhilah saran-saran guru Anda.
  2. Membeli buku-buku yang berisi soal-soal ujian tahun sebelumnya. Terkadang apa yang disampaikan oleh guru tidak mencakup seluruh materi. Tentunya karena keterbatasan waktu. Maka dengan mengerjakan soal-soal dari buku yang Anda beli akan menambah wawasan. Jika ada kesulitan, pahami pembahasan pada kunci jawaban dan bila perlu tanyakan pada guru Anda.
  3. Ikuti belajar kelompok. Banyak sekali manfaat yang diperolah dari belajar kelompok. Saat jenuh, bisa diselingi dengan ngobrol ringan. Tapi awas!!! Biasanya, hal ini menjadi keterusan sehingga tujuan belajar tidak tercapai. Masing-masing harus saling tahu diri. Diantara manfaat belejar kelompok, antara lain kita bisa saling tukar ilmu. Yang sudah paham, menularkannya ilmunya kepada yang belum paham. Bisa saling mengisi kekurangan. Biasanya penjelasan yang diberikan oleh teman sendiri lebuh mudah dipahami dari pada mendengar dari guru. Selain itu, belajar kelompok memacu semangat belajar. Tentu Anda akan merasa malu bila hanya diam saja tanpa kontribusi. Rasa malu inilah yang mendorong Anda untuk membaca, sehingga saat belajar kelompok, Anda siap menularkan ilmu kepada teman-teman yang lain. Belajar kelompok akan efektif jika pesertanya tidak terlalu banyak. Berdasar pengalaman penulis, belajar kelompok akan lebih efektif dengan jujmlah peserta 5-10 orang. Terlalu sedikit anggota, mengurangi semangat. Sedangkan terlalu banyak anggota akan menghambat kelancaran belajar. Biasanya dengan anggota yang banyak, akan muncul biang rame.
  4. Ciptakan suasana nyaman saat belajar. Setiap orang memiliki kebiasaan yang membuat dia nyaman. Secara umum, orang akan merasa nyaman dalam belajar bila keinginan hatinya sudah terpenuhi. Penuhi dahulu setiap keinginan Anda, tapi jangan mengingini sesuatu yang tidak mungkin untuk dijangkau. Bersikap sederhanalah.
  5. Pacu semangat belajar. Semangat sangat penting dalam belajar. Sebesar apapun rintangan, bila semangat akan terasa ringan. Diantara yang dapat memacu semangat belajar misalnya, tentukan tujuan akhir Anda belajar. Jadikan tujuan tersebut sebagai pemacu semangat. Misal : saya ingin masuk kedokteran, saya harus belajar lebih giat!!
  6. Sering mengulang-ulang. Seperti kata pepatah, bisa karena biasa. Semakin kemampuan dilatih, semakin meningkatlah kemampuan tersebut. Ulang-ulang lah materi pelajaran, terutama yang Anda anggap masih belum menguasai.
  7. Berdoa. Setelah berusaha dengan keras, langkah yang tidak boleh terlewatkan adalah berdoa. Bahkan berdoa dilakukan sebelum Anda memulai segala sesuatu untuk meminta pertolongan Alloh subhanahu wataala.
  8. Sabar dan tawakal. Langkah terakhir adalah bersabar dan tawakal. Serahkan semua pada yang mencipta. Dan salah satu kesabaran adalah tidak mencontek ketika ujian berlangsung. Hindari berbuat curang dan tidak diridhoi oleh Alloh. Demikian beberapa tips, semoga bermanfaat. Semoga sukses.