Tag

, , , ,

Bismillahirrohamnirrohim

Ditulis oleh Carko Budiyanto

Merokok Memang Ternyata Nikmat

Pembahasan masalah rokok, sudah banyak sekali dilakukan. Bahkan mungkin, kita sampai bosan mendengarnya. Namun, yang membuat saya tergerak untuk menulis artikel ini adalah banyaknya mahasiswa yang ternyata merokok. Bahkan tidak aneh lagi, sekarang anak SMP dan SMA pun pegangannya rokok. Yang menjadi pertanyaan, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Apa memang merokok itu enak?

Artikel ini adalah artikel saya yang kedua yang diterbitkan di blog ini. Artikel pertama saya berjudul ”Merokok dalam Pandangan Kedokteran dan Islam”. Artikel kedua ini judulnya cukup berlawanan dengan yang pertama. Mungkin Anda penasaran, kenapa artikel ini diberi judul ”Merokok Memang Ternyata Nikmat”. Artikel ini adalah kisah nyata. Dengan membaca artikel ini Anda akan mengetahui betapa nikmatnya merokok. Untuk itu, atur napas Anda terlebih dahulu, jangan memberi komentar, kemudian mari kita baca dengan penuh perhatian. Insya Alloh Anda akan mendapat jawabannya.

Langkah Pertama

Untuk mengetahui betapa nikmatnya merokok, alangkah baiknya, kita mengetahui alasan kenapa seseorang merokok. Dokter Daniel Horn mengatakan bahwa secara umum, seorang dewasa merokok karena :

  1. untuk merangsang perasaan
  2. karena sudah kecanduan
  3. mengurangi perasaan negatif
  4. untuk santai.

Sedangkan pada remaja, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Charles Gilbert Wernn dan Shirley Schwarzrock, para anak muda merokok karena :

  1. hanya sekedar ikut-ikutan teman; teman saya merokok, jadinya saya juga merokok.
  2. hanya iseng-iseng saja, pengen coba-coba.
  3. biar kayak orang dewasa.
  4. bosan, tidak ada kerjaan.

Yang saya tekankan adalah alasan remaja merokok (terutama anak sekolah dan mahasiswa). Karena orang dewasa yang merokok biasanya diawali saat mereka kecil dan masih muda, akhirnya menjadi kecanduan. Faktor yang paling besar dan utama kenapa mahasiswa merokok adalah hanya sekedar ikut-ikutan teman. Ketika mereka bergaul dan berada di suatu lingkunngan yang di lingkungan tersebut banyak perokoknya, maka otomatis, untuk beradaptasi dengan lingkungan, agar dianggap sama dan diakui di lingkungan tersebut, dia akan membuat dirinya sama dengan lingkungannya.

Alasan selanjutnya adalah hanya iseng. Seorang pemuda itu biasanya suka sesuatu yang menantang dan terlarang. Suka mencoba hal baru. Bahkan banyak mahasiswa yang kalau disuruh mengisi biodata, pada pertanyaan hobbi, mereka menjawab, hobbi saya adalah suka mencoba hal yang baru. Nah, yang menjadi masalah, mereka tidak berpikir apakah hal baru tersebut baik atau tidak untuk dirinya. Yang menjadi patokan buat mereka adalah yang penting happy.

Urutan ketiga, mereka merokok, biar kayak orang dewasa. Mahasiswa itu adalah orang yang susah di atur dalam kehidupannya. Kalau orang tua menasihati, mereka menjawab, ”Saya bukan anak kecil lagi, Pak.”. Mereka merasa seolah-olah sudah dewasa dan bisa menentukan pilihan sendiri. Nah, salah satu cara mengekspresikan kedewasaan mereka adalah meniru orang dewasa, antara lain merokok. ”Kalau merokok itu lebih punya tested”, katanya.

Alasan keempat adalah karena kurang kerjaan. Mereka merasa bosan dengan kegiatan mereka sehari-hari. Mereka berpikir, ” Ngapain sih belajar terus, ini kan masa muda, hidup tu cuman sekali, besok kita tua. Kalau kamu gak seneng-seneng sekarang, kapan lagi. Rugi nanti, masa sudah sebesar ini belum merasakan rokok”.

Nah, dari semua alasan tadi, tidak ada satu pun alasan yang logis. Semua alasannya tidak dipikir dengan jernih dan matang. Alasan tersebut adalah alasan kekanak-kanakan. Semuanya hanya mengikuti hawa nafsu dan keinginan. Karena hawa nafsu yang besar itulah, mereka membuang akal pikiran mereka. Coba Anda tanyakan pada mereka yang merokok, ”Apakah kalian tahu bahaya merokok?”. Niscaya mereka akan menjawab, ”Merokok membahayakan kesehatan”.

Kalau seperti ini, dimana slogan yang kalian dengung-dengungkan? Bukankah kalian selalu berteriak, ”Kita ini mahasiswa, kita adalah orang terpelajar. Kita ini penerus bangsa. Kita harus peduli terhadap nasib rakyat bangsa ini”. Bahkan kalian berdemo di jalanan menuntut perbaikan orang lain. Lalu bagaimana dengan kalian sendiri, kalian merusak tubuh kalian sendiri. Memanage diri sendiri saja, kalian tidak bisa. Mana slogan kalian dan mana otak kalian? Mana jiwa pendidikan kalian??!

Baik, mari kita atur napas dulu. Bagaimana perasaan Anda, apakah Anda sudah menemukan bahwa merokok itu memang ternyata nikmat? Atau malah sebaliknya? Ehmm……

Kalau Anda belum menemukannya, berarti Anda harus melanjutkan untuk membaca artikel ini.

Langkah Kedua

Langkah kedua ini akan membahas apa sih sebenarnya bahan yang terkandung di dalam rokok yang membuat rokok itu terasa nikmat saat dihirup. Di dalam rokok itu ada tidak bahan yang justru membuat badan menjadi sehat? Penasaran?

Mari kita baca!

Menurut para pakar kesehatan, di dalam sebatang rokok yang dihisap terdapat kurang lebih 3000 macam bahan kimia. Dari jumlah yang sebanyak itu, ternyata baru 700 macam yang populer.

  1. Acrolein

Merupakan zat cair tidak berwarna, seperti aldehide. Zat ini diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Zat ini sedikit banyaknya mengandung kadar alkohol. Dengan kata lain, acrolein adalah alkohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan. Atas dasar inilah, kenapa dalam Islam rokok diharamkan. Islam sangat melarang sesuatu yang mengandung alkohol. Bukan hanya untuk dimakan, untuk dilumurkan ke tubuh dan semisalnya pun juga haram, misalnya minyak wangi yang mengandung alkohol. Apalagi cairan ini dapat merugikan kesehatan, padahal Islam sangat melarang sesuatu yang merugikan diri sendiri.

  1. Karbon monoksida

Adalah gas yang tidak berbau, yang dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur arang atau karbon. Zat ini sangat beracun. Karbon monoksida dapat dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot dan seluruh tubuh. Karbon monoksida dapat mendesak ikatan oksigen dengan hemoglobin sehingga hemoglobin menjadi berikatan dengannya dan melepas oksigen. Akhirnya tubuh akan kekurangan oksigen. Seorang perokok akan menjadi mudah lelah dan tidak kuat untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan oksigen dan energi lebih banyak daripada bila orang tersebut tidak merokok.

Sangat memprihatinkan bagi seorang perokok yang katanya lebih jantan. Justru dia kehilangan kekuatan dan kejantanannya. Ketika berhubungan seksual misalnya, saat itu butuh energi yang banyak. Kalau dia loyo, bagaimana bisa bersenang-senang dengan istrinya?

  1. Nikotin

Adalah cairan berminyak yang tidak berwarna dan dapat membuat rasa perih yang sangat. Nikotin itu menghalangi kontraksi rasa lapar. Itu sebabnya seseorang menjadi tidak lapar karena merokok. Orang tersebut akan kekurangan asupan nutrisi sehingga tubuhnya menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

  1. Amonia

Adalah gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Zat ini sangat tajam baunya dan sangat merangsang. Amonia sangat mudah memasuki sel-sel tubuh. Mungkin bagi Anda yang pernah duduk di bangku SMA, pernah melakukan percobaan kimia tentang amonia. Bagaimana baunya? Tantu Anda bisa menjawabnya. Dan yang paling penting, amonia sangat beracun. Begitu kerasnya racun yang terdapat pada amonia, sehingga kalau disuntikan sedikitpun ke dalam peredaran darah, akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.

  1. Formic acid

Adalah cairan tidak berwarna yang dapat bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya. Zat ini dapat menyebabkan seseorang seperti merasa digigit semut. Asam ini bila kadarnya meningkat dalam darah, akan membuat napas menjadi cepat.

  1. Hydrogen Cyanida

Adalah gas yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Zat ini mudah terbakar. Zat ini dapat mengganggu proses pernapasan. Cyanida sendiri adalah zat racun yang dapat menyebabkan kematian.

  1. Nitrous oxide

Adalah gas tidak berwarna, yang dapat membuat tubuh fly (melayang seperti habis makan narkoba). Pada mulanya, zat ini digunakan sebagai bius saat dilakukan operasi.

  1. Formalin

Gas ini biasa digunakan sebagai pengawet dan pembasmi hama. Bila masuk ke dalam tubuh manusia (baik dengan dimakan, ataupun dihirup, dll) dapat menyebabkan kanker.

  1. Fenol

Adalah bahan yang sangat beracun. Fenol dapat terikat dengan protein dan menghalangi aktivitas enzim. Kalau enzim dalam tubuh tidak bekerja dengan baik, maka metabolisme tubuh akan terganggu.

  1. Acetol

Adalah zat hasil pemanasan dari aldehide dan mudah menguap dengan alkohol.

  1. Hydrogen sulfide

Adalah zat beracun yang mudah terbakar.

  1. Pyridine

Adalah sejenis cairan tidak berwarna yang terdapat dalam tembakau, ter arang, dan dari pembusukan sejenis alkohol. Zat ini dapat digunakan mengubah sifat alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.

  1. Methyl cloride

Adalah campuran zat-zat bervalensi satu dengan unsur utamanya hidrogen dan karbon. Uapnya dapat digunakan sebagai bius.

  1. Methanol

Meminum atau menghisap metanol dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Tar

Sejenis cairan kental berwarna coklat tua yang diperoleh dengan cara distilasi arang. Zat ini merupakan karsinogen (zat yang menimbulkan kanker).

Demikian beberapa zat dalam rokok yang mampu saya uraikan. Di akhir langkah kedua ini, apakah Anda sudah menemukan bahwa merokok memang ternyata nikmat?

Belum???

Wah, Anda mungkin membacanya kurang serius! Coba sekali lagi Anda membaca dengan teliti dan baik-baik. Renungkan dalam hati dan pikiran Anda.

Anda tahu sekarang, dalam sebatang rokok yang kecil itu, ternyata banyak mengandung bahan-bahan yang bisa dibilang itu adalah racun. Nah, sekarang ketemu kan nikmatnya! Rokok itu memang nikmat bagi orang-orang yang biasa berpikir memakai jempol kaki. Memang punya kepala, tapi isinya cuma asap, tidak ada otaknya. Kalau memang Anda mahasiswa yang biasa berpikir pakai otak, tentu Anda akan ketakutan, menyesal, dan sangat benci pada rokok. Apalagi Anda sudah mengetahui apa isi dari rokok tersebut. Isinya RACUN.

Mungkin Anda memang orang yang berputus asa. Anda mungkin tidak ingin hidup lama di dunia ini. Oleh karena itu, salah satu cara bunuh diri yang paling nikmat adalah dengan merokok. Perlahan-lahan, tidak disadari, tau-tau kena kanker paru, mati deh……….

Langkah Ketiga

Dilangkah ketiga ini, untuk lebih menyempurnakan pengetahuan dan lebih membuat Anda sadar bahwa rokok itu memang nikmat bagi orang bodoh, saya akan sebutkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh rokok. Namun, saya tidak mau berpanjang lebar, karena hal ini pernah saya bahas dalam artikel saya yang pertama. Silakan merujuk kesana. (Atau klik disini)

Jenis-jenis penyakit yang sering membawa maut akibat merokok adalah sebagai berikut : penyakit kanker, panyakit jantung, bronkitis kronis, emfisema, penyakit pencernaan, radang lambung, serta kelumpuhan otak.

Anda mungkin sering mendengar penyakit di atas. Namun, Anda tidak merasa takut karena memang Anda tidak pernah bertemu atau pernah bertemu tapi tidak tahu, dengan orang yang menderita kanker, penyakit jantung, PPOK. Jika Anda pergi ke Rumah Sakit, Anda akan menjumpai betapa banyak orang yang sakit tersebut. Kalau Anda menanyakan kepada mereka tentang kebiasaan mereka. Mereka sebagian besar akan menjawab, ”Saya adalah perokok”.

Akankah yang berada disana selanjutnya adalah Anda????

Sekarang mungkin Anda masih merasa sehat, karena memang Anda masih muda, tubuh masih bisa mengkompensasi kerusakan yang ada. Namun, beberapa tahun lagi, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Mungkinkah tiba-tiba Anda akan kehilangan napsu makan, sering batuk dan sesak, dan segudang keluhan lainnya. Jawabannya adalah mungkin sekali, karena perokok itu memiliki peluang terjadinya penyakit adalah 10 kali lipat daripada orang yang tidak merokok.

Anda masih berani mengatakan bahwa merokok itu memang nikmat?

Anda masih berani menghirup racun tersebut?

Kalau Anda merasa takut. Berarti otak Anda masih jalan. Lalu bagaimana selanjutnya? Apakah cukup hanya takut saja? Tentu tidak, mulai detik ini Anda harus meninggalkan rokok.

Apakah Anda akan menjawab, ”Susah Bung!”

Maka saya katakan, ”Tidak wahai temanku! Belum lemah solusi dan belum sempit jalan keluar bagimu. Setiap penyakit pasti ada obatnya. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Tidak ada gembok melainkan ada kuncinya, bila ada gembok tapi tidak ada kunci maka apa artinya sebuah gembok”.

Langkah Keempat

Saya katakan, ”Wahai temanku yang aku cintai. Hidup mahasiswa!! Apa yang Anda inginkan akan Anda jumpai selama Anda mau mencarinya, mengusahakannya, dan mendatangi pintunya dan mengambil sebab-sebabnya. Berikut ini akan saya uraikan cara mengobati penyakitmu tersebut.

  1. Yakinlah bahwa Anda dapat berhenti merokok

Setelah Anda mengetahui bahaya dan dampak negatif merokok, masukkan ke dalam benakmu. Kemudian niatkan di dalam benakmu bahwa Engkau dapat berhenti merokok.

Anda sebagai mahasiswa, tentunya Anda masih muda dan memiliki harapan dan cita-cita yang besar di masa depan. Anda pasti ingin menikah, ingin punya istri yang cantik, istri yang seksi, punya anak yang imut dan lucu. Betapa indahnya bila hal tersebut terlaksana. Namun, bila Anda merokok. Anda terkena impotensi. Penis Anda tidak bisa berdiri. Kalau bisa berdiri pun hanya sebentar, lalu ejakulasi dini. Betapa kasihannya Anda. Anda tidak bisa menikmati istri yang cantik tersebut. Anda tidak bisa mendapatkan anak yang lucu. Baru sebentar menikah Anda akan bercerai karena istri Anda merasa tidak puas dengan pelayanan Anda.

Mau seperti itu????

Kalau Anda tidak mau seperti itu. Ayo, berhenti merokok!

Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda bisa berhenti merokok sekarang juga. Sekarang juga. Sekarang juga. Sekarang juga.

  1. Ikhlas dan jujur

Yang dimaksud ikhlas adalah Anda berhenti merokok hanya untuk mendapat ridho dan berkah dari Alloh. Jujur adalah Anda menanamkan dalam hati bahwa memang Anda benar-benar menyesal dan ingin berhenti merokok. Bukan hanya ucapan di mulut. Bukan cuma angan-angan.

Ucapkan dan resapi kalimat di bawah ini :

Saya mau berhenti merokok, saya bisa berhenti merokok, saya berhenti merokok sekarang juga.

  1. Banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Alloh subhanahuwataala.

Langkah selanjutnya adalah Anda mulai detik ini bertekad untuk meningkatkan ibadah kepada Alloh subhanahu wataala. Anda datangi majelis ilmu (kajian-kajian Islami). Anda berdoa kepada Alloh, meminta pertolongan-Nya, agar Anda dimudahkan untuk berhenti merokok.

Ucapkan dan resapi kalimat di bawah ini :

ROKOK ADALAH RACUN

ROKOK MENYEBABKAN IMPOTEN

AKU BENCI ROKOK

  1. Sabar

Tidak diragukan lagi bahwa siapa saja yang ingin meninggalkan aktivitas merokok akan menjumpai kepayahan yang besar, mirip seperti ketika kecanduan narkoba, khususnya pada awal permulaan. Melepaskan diri dari merokok sangat berat bagi jiwa, akan tetapi hal itu bukanlah suatu alasan dan bukan pula kilah.

Tingkat kesulitan dalam meninggalkannya terpendam dalam kuatnya himpitan kebiasaan. Anda akan merasakan sedih pada minggu-minggu awal Anda berhenti merokok. Ditambah lagi kuatnya keinginan untuk merokok. Pada keadaan inilah sering orang-orang yang ingin berhenti merokok menjadi gagal. Hanya orang-orang yang bersabar lah yang mampu melewatinya. Karena kesulitan tersebut sedikit demi sedikit akan melemah hingga akhirnya menghilang.

Dalam langkah ini, Anda harus menyadari bahwa bersabar dari apa yang Anda rasakan, itu lebih baik daripada Anda harus bersabar nantinya saat Anda menderita penyakit akibat rokok. Coba pilih mana? Apakah Anda lebih memilih untuk bersabar ketika Anda menderita kanker, atau Anda lebih memilih bersabar ketika Anda tidak bisa menikmati hubungan seksual dengan istri Anda? Tentu, sebagai seorang yang berakal, Anda akan menjauhi kesengsaraan tersebut.

Ucapkan dan resapi kalimat di bawah ini :

ROKOK ITU TAI

ROKOK ITU KOTORAN

ENYAH KAU ROKOK DARI HADAPANKU

  1. Buatlah diri Anda sibuk

Waktu luang, datang sebagai sebab utama yang mengantarkan seseorang untuk merokok. Seperti sudah disebutkan di langkah yang pertama bahwa penyebab remaja merokok adalah karena bosan tidak ada kerjaan.

Pada hari pertama Anda menentukan untuk berhenti merokok, rencanakanlah suatu pekerjaan yang membuat Anda sibuk sepanjang hari. Di tempat kesibukan Anda jangan lah ada sebatang rokok pun dan jangan pula ada orang lain yang merokok. Di tempat Anda bekerja, tempelkan tulisan ”Dilarang merokok”. Buatlah hal ini sampai 5 hari atau seminggu, karena sesudah 5 hari tidak merokok, maka Anda tidak terlalu lagi menyukai asap rokok.

Ucapkan dan resapi kalimat di bawah ini :

STOP MEROKOK

I HATE SMOKING

  1. Menjauh dari hal yang bisa mengingatkan aktivitas merokok

Mendekat adalah kesengsaraan dan musibah, sedang menjauh adalah kemanisan, kegigihan, dan kemuliaan. Perokok apabila melihat rokok atau menciumnya, atau menyaksikan keluarga atau temannya terkadang dia ingat lagi rokok, jiwanya menjadi lemah dari mengimbangi nafsunya, sehingga dia kembali ke awalnya, meskipun dia telah meninggalkan aktivitas merokok. Kecuali orang yang memiliki jiwa yang gigih dan keinginan yang kuat.

Maka solusinya adalah semangat. Putuskan hubungan dengan segala sesuatu yang bisa mengundangmu mengulanginya kembali.

Ucapkan dan resapi kalimat di bawah ini :

AKU BENCI ROKOK

AKU BISA HIDUP LEBIH BAIK TANPAMU

  1. Menjauh dari teman yang buruk

Ini adalah solusi dan langkah yang sangat penting. Kebanyakan orang merokok karena ikut-ikutan teman, seperti sudah disebutkan di pembahasan pertama. Teman yang baik akan membuat hidup kita baik, berteman dengan orang jelek maka Anda akan ketularan jeleknya. Jauhi mereka untuk beberapa waktu, karena berdekatan bersama mereka akan menimbulkan keinginan untuk menghisap rokok lagi. Anda tidak perlu takut. Untuk kehidupan Anda dan masa depan Anda, memang perlu pengorbanan dan usaha. Toh ketika nanti misal Anda impoten, apakah teman Anda tersebut akan membantu Anda. Akankah mereka mengorbankan diri mereka untuk menyembuhkanmu. Tidak. Ketika Anda sudah terkena kanker, yang merasakan sakit adalah Anda. Teman Anda, sebagus-bagusnya dia, paling hanya mengunjungi Anda dan mengatakan aku ikut prihatin terhadapmu.

Ucapkan dan resapi kalimat di bawah ini :

KALAU BERCERMIN, AKU MELIHAT DIRIKU GANTENG

TAPI GARA-GARA ROKOK, WAJAHKU JADI KUSUT

NAPASKU JADI BAU, GIGIKU JADI KUNING, BIBIRKU JADI HITAM

STAMINAKU MENURUN

AKU HARUS MENINGGALKAN ROKOK

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi diri saya pribadi dan bagi orang yang mau mendengarkan nasihat. Adapun kekurangan pada tulisan ini, itu murni dari diri saya yang lemah dan miskin akan ilmu. Saya mohon maaf bila kata-kata yang saya gunakan terasa kasar di telinga Anda. Itu semua untuk memotivasi Anda.

Merokok Memang Ternyata Laknat

Brafo Hidup Sehat

Jangan lupa baca artikel saya yang lain tentang merokok, KLIK DISINI

Sumber Bacaan :

Chandrasoma dan Taylor. 2006. Ringkasan Patologi Anatomi. Ed: ke-2. Jakarta : EGC.

DR. R. A. Nainggolan. 2004. Anda Mau Berhenti Merokok, Pasti Berhasil!. Bandung : Indonesia Publising House.

Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd. 2007. Stop Merokok Plus 13 Himbauan dan Nasihat untuk Penjual Rokok. Surakarta : Maktabah Al-Ghuroba.

Price dan Wilson. 2006. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Ed: Ke-6. Jakarta: EGC.

About these ads